PENGGUNAAN MEDIA PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
SEJARAH DI KELAS XI IPS 1
SMA NEGERI 9 PALU
Mutawakkil
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNTAD Palu
Email: mutawakkil@untad.ac.id
Putri Dewi Puspita
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNTAD Palu
Email: putrid3w1puspita@gmail.com

Abstrak:
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis penilaian afektif pada pra tindakan dari jumlah
siswa 20 orang dinyatakan siswa yang tuntas 4 orang dan yang tidak tuntas 16 orang dengan skor tertinggi 79,5 dan skor
terendah 32. Hasil analisis yang diperoleh siswa pada kegiatan siklus I, terjadi peningkatan pada penilaian afektif dan
psikomotorik dengan menggunakan media proyektor. Hasil penilaian afektif menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 7
orang dan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang dengan skor tertinggi 85,5 dan skor terendah 58,8. Sedangkan penilaian
psikomotorik menunjukan siswa yang tuntas 4 orang dan siswa yang tidak tuntas 16 orang dengan skor tertinggi 86,7
dan skor terendah 60,5. Pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih baik terhadap penilaian afektif dan psikomotorik.
Hasil penilaian afektif menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 orang
dengan skor tertinggi 92,1 dan skor terendah 73,8. Sedangkan hasil penilaian psikomotorik menunjukan siswa yang
tuntas sebanyak 20 orang dengan skor tertinggi 92,1 dan skor terendah 79,3. Kinerja guru pun mengalami peningkatan,
pada siklus I didapatkan presentase sebesar 78,33% dan pada siklus II diperoleh presentase sebesar 95%. Kegiatan
siswa dalam proses pembelajaran pun meningkat, pada siklus I didapatkan presentase sebesar 63,63% dan pada siklus II
diperoleh presentase sebesar 90,90%. Hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media proyektor dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas XI IPS I SMA Negeri 9 Palu.

Abstract:
This study is a classroom action research conducted in 2 cycles consisting of four stages: planning, action
implementation, observation and reflection. The result of analysis of affective assessment on pre action of student
number 20 people expressed 4 and 4 unfinished students and the highest score was 79,5 and lowest score 32. The result
of analysis obtained by students on activity of cycle I, there was an increase in affective appraisal and psychomotor
using projector media. The result of affective appraisal showed 7 complete and unfinished students as many as 13
people with the highest score of 85.5 and the lowest score 58,8. While psychomotor assessment showed a complete
student 4 and unfinished students 16 people with the highest score of 86.7 and the lowest score of 60.5. In cycle II there
is a better improvement of affective and psychomotor assessment. The results of affective assessment showed a
complete student as many as 19 people and students who do not complete as many as 1 person with a high score of 92.1
and a low score of 73.8. While the results of psychomotor assessment showed a complete student as many as 20 people
with the highest score 92.1 and the lowest score 79.3. Performance of teachers also increased, in cycle I obtained a
percentage of 78.33% and on the second cycle obtained percentage of 95%. Student activity in learning process also
increase, in cycle I got percentage equal to 63,63% and in cycle II obtained percentage equal to 90,90%. These results
can be concluded that the use of media projectors can improve student learning motivation in class XI IPS I SMA
Negeri 9 Palu.
Kata kunci : Media Proyektor, Motivasi Belajar

http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/10/4

10-19-1-SM

By admin