PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA

Lukman Nadjamuddin, Nyoman Sudana Degeng, Wasis D Dwijogo, Muhammad Nur Ali

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran group investigation dan strategi pembelajaran eskpositori terhadap hasil belajar sejarah, pengaruh gaya berpikir vertikal dan gaya berpikir lateral terhadap hasil belajar sejarah, dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi versi faktorial 2×2 pretest posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI pada tiga SMA Negeri di Kabupaten Sigi yang dipilih dengan metode cluster random sampling. Subjek yang dilibatkan sebanyak 112 orang yang terbagi ke dalam enam kelas. Data penelitian dikumpulkan menggunakan intrumen gaya berpikir dan tes hasil belajar dan pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut: 1) secara deskriptif strategi pembelajaran group investigation lebih unggul dibanding dengan strategi pembelajaran eskpositori dalam menigkatkan hasil belajar sejarah; 2) kelompok sisiwa memiliki gaya berpikir vertikal, memiliki hasil belajar sejarah yang lebih unggul dibanding dengan kelompok siswa yang memiliki gaya berpikir lateral; dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar sejarah. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa strategi pembelajaran group investigation berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar sejarah bergantung pada gaya berpikir siswa. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Group Investigation, Ekspositori, Gaya Berpikir, dan Hasil Belajar

 

Sumber : http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2076

by admin_Prodi

By admin