A. PROFIL UPPS

1. Identitas UPPS

NamaFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Berdiri1981
Nomor Surat Keputusan (SK)Keppres No. 36 Tahun 1981 Tentang Pendirian Universitas Tadulako
Jumlah Program Studi (PS)13 PS Sarjana, 1 PS Profesi, 4 PS Magister
AlamatJl.Soekarno Hatta Km.09, Kampus Bumi Tadulako Tondo
No.Telp.+62 85145555185
Alamat e-mail Kelembagaanfkip.untad@gmail.com
Website Resmi Lembagahttps://fkip.untad.ac.id

2. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS)

1) Visi FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045

 “FKIP Universitas Tadulako menjadi Fakultas berstandar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan berwawasan lingkungan hidup”.

2) Misi FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, modern, dan berkarakter menuju pencapaian standar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu untuk pengembangan IPTEKS dan Pendidikan Keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan penelitian.
  4. Menyelenggarakan pendidikan profesi guru berwawasan lingkungan hidup.
  5. Melaksanakan kerjasama nasional dan internasional bidang IPTEKS dan Pendidikan Keguruan.

3) Tujuan FKIP UNTAD Tahun 2020 – 2045

  1. Meningkatkan kuantitas, dan kualitas pendidikan berstandar internasional dalam pengembangan IPTEKS dan pendidikan keguruan yang berwawasan lingkungan hidup.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian melalui peningkatan mutu penelitian, publikasi dan inovasi berwawasan lingkungan hidup.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan berdaya guna berdasarkan hasil pendidikan dan penelitian.
  4. Menghasilkan calon guru dan guru profesional berwawasan lingkungan hidup.
  5. Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional bidang IPTEKS dan Pendidikan Keguruan dalam mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

4) Strategi FKIP UNTAD

Untuk mencapai visi misi VMTS FKIP UNTAD 2045 sejumlah strategi dicanangkan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan akses relevansi dan mutu FKIP untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
  2. Meningkatkan kemampuan IPTEKS dan inovasi dalam pembelajaran untuk menghasilkan lulusan kompeten dan profesional.
  3. Meningkatkan kualitas penyelengaraan penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PKM) dan kerja

DOKUMEN

NomorNomor ButirDokumen/keteranganLink Asli
1Fotokopi SK pendirian Fakultas/Sekolah TinggiTautan
21.21.2.1. Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah TinggiTautan
1.2.2. SK pembentukan tim akreditasi (tergantung prodi)Tautan
1.2.3. Dokumen mekanisme penyusunan VMTS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)Tautan
1.2.4. Instrumen dan hasil survey pemahaman VMTSTautan
1.2.5. SK penetapan VMTSTautan
32.12.1.1. Dokumen SOP yang terkait tata pamongTautan
2.1.2. Dokumen pemilihan pimpinan PS dan UPPSTautan
2.1.3. Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.Tautan
2.1.4. Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab.Tautan
2.1.5. Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikanTautan
42.22.2.1. Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dalam negeri dan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan.Tautan
2.2.2. Dokumen MoU dan MoA kerjasama dalam dan luar negeriTautan
2.2.3. Dokumen bukti pelaksanaan kerjasamaTautan
52.32.3.1. Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/Sekolah Tinggi.Tautan
2.3.2. Dokumen hasil audit mutu internalTautan
2.3.3. Dokumen monev hasil penjaminan mutuTautan
2.3.4. Dokumen bukti tindak lanjut temuanTautan
63.13.1.1.  Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:
1.    Kebijakan penerimaan mahasiswa baruTautan
2.    Kriteria penerimaan mahasiswa baruTautan
3.    Instrumen penerimaan mahasiswa baruTautan
4.    Sistem pengambilan keputusanTautan
3.1.2. Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri.Tautan
3.1.3. Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhirTautan
3.1.4. Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.Tautan
73.23.2.1. Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.Tautan
3.2.2. Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain:
1.  Minat dan bakatTautan
2.  Bimbingan konselingTautan
3.  Pembinaan softskillTautan
4.  KeprofesianTautan
5.  BeasiswaTautan
6.  KesehatanTautan
3.2.3.  Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.Tautan
3.2.4.  Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.Tautan
3.2.5. Dokumen kegiatan pelacakan lulusan (tracer study)Tautan
84.1 dan 4.24.1.1. Dokumen sistem pengelolaan sumber daya manusiaTautan
4.1.2. Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.Tautan
4.1.3. Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.Tautan
4.1.4. Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.Tautan
4.1.5. Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.Tautan
94.34.3.1. Instrumen pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.Tautan
4.3.2. Dokumen pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan.Tautan
4.3.3. Dokumen tindak lanjut hasil pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM.Tautan
105.15.1.1. Dokumen kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan, pengeloaan dan penggunaan dana.Tautan
5.1.2. Dokumen monitoring dan evaluasi keuanganTautan
5.1.3. Laporan audit keuanganTautan
115.25.2.1. Dokumen pengelolaan prasarana dan saranaTautan
5.2.2. Daftar prasarana dan sarana pembelajaranTautan
5.2.3. Dokumen pemilikan tanahTautan