Top Panel

Saturday, 05 27th

Last updateSun, 02 Feb 2014 3am

Informasi Umum

Kurikulum, Pembelajaran,dan Suasana Akademi

 1.  Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnyamemuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visiprogram studi. Kurikulum memuatmata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulumharus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

1.1  Kompetensi

1.1.1     Ringkasan kompetensi utama lulusan

1)  Menghasilkan guru sejarah yang profesional berwawasan lokal, nasional, dan global.

2)  Menghasilkan guru sejarah yang mampu menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian pendidikan dan ilmu sejarah berbasis kearifan lokal.

1.1.2     Ringkasan kompetensi pendukung lulusan

1.   Dapat berkomunikasi secara lisan dan tulisandengan bahasayang baik dan benar.

2.   Dapat menghimpun, mengolah dan menganalisis data menjadi informasi yang cerdas dan bermanfaat.

3.   Dapat mempresentasikan materi pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi.

4.   Dapat bekerja secara mandiri danberkelompok

 

 

1.1.3     Uraikan secara ringkas kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Untuk meningkatkan daya saing lulusan, sejumlah kompetensi pilihan lain yang disiapkan antara lain.

1.   Dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

2.   Dapat mengembangkan alat-alat sederhana sebagai media pembelajaran

3.   Dapat mengembangkan kewirausahaan di bidang pendidikan

 

1.2  Struktur Kurikulum

1.2.1     Jumlah sks Prodi (minimum untuk kelulusan) :  Kurikulum 2004 : 153 sks dan Rancangan Kurikulum 2011 : 154 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah

SKS Kurikulum 2004

SKS Kurikulum 2011

Keterangan

Mata Kuliah Wajib

153

144

144

Mata Kuliah Pilihan

-

10

10

Jumlah Total yang tersedia

153

154

 

 

1.2.2     Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) 144 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah

Sks

Keterangan

(1)

(2)

(3)

Mata Kuliah Wajib

144

Terdiri atas 14 sks MK Pengembangan Kepribadian (MPK);89 sks MK Keilmuan dan Ketrampilan (MKK); 18 sks MK Keahlian Berkarya (MKB); 23 sks MK Perilaku Berkarya (MPB) dan 10 sks MK Berkehidupan Bermasyarakat (MBB);MKK pilihan 10 SKS. Kelompok MK yang termasuk dalam kategori Kurikulum Inti adalah (MPK,MKK dan MKB) dan Kurikulum. Institusional adalah (MPB dan MBB)

Mata Kuliah Pilihan

10

10 sks dipilih oleh mahasiswa dari 20 sks MK pilihan yang ditawarkan

Jumlah Total

154

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
You are here: Home Profil Informasi Umum